Pages

Selasa, 18 Oktober 2011

Kemampuan motor Satria F


Edo Rusyanto's Traffic

Suzuki Satria FU Sungguh Luar Biasa

21 Januari 2011

Satria FU. (foto:edo)

Satria FU menjadi tulang punggung penjualan sepeda motor Suzuki di Indonesia. Kontribusinya pada 2010, mencapai sekitar 42% terhadap total penjualan motor bebek Suzuki. Bagi saya, inilah salah satu produk yang layak dikelola maksimal oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku produsen di Indonesia.
Bayangkan, dalam tiga tahun terakhir rata-rata bertumbuh 41%. Luar biasa. Tak ada satu pun produk motor bebek besutan SIS yang mampu mencetak rekor seperti itu. Paling banter stagnan, atau bahkan anjlok seperti yang dialami Suzuki New Smash. Belakangan, New Smash digantikan oleh Suzuki Titan yang diluncurkan pada 2010.
Pada 2010, Satria FU yang dibalut mesin 150cc, bergerak ciamik. Kecenderungannya justeru meningkat. Rata-rata penjualan per jam motor ini sekitar 17 unit. Sebuah prestasi terbaik dalam tiga tahun terakhir.

Apa sih kunci kesuksesan produk yang satu ini? Saya menduga-duga, terkait dengan tampilan dan kemampuan mesin motor.
Tampilan, rasanya memang tak bisa dibantah menjadi khas dibandingkan motor bebek besutan pabrikan lain. Jangan lupa, konsumen di Indonesia gemar akan kekhasan sebuah produk. Kira-kira, senang tampil beda.
Soal mesin. Nah ini dia. Banyak yang menganggap motor bebek berdaya maksimum 16 Ps/9.500 itu, menjadi sosok tercepat di segmen bebek. Maklum, bebek besutan anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi) lainnya, paling banter dibungkus dengan mesin 135cc, yakni Yamaha Jupiter MX.
Kalau soal harga, kita tahu bahwa dari empat merek motor bebek Suzuki, Satria FU merupakan yang tertinggi yakni Rp 18,45 juta per unit. Merek lainnya berkisar Rp 11-15 jutaan.
Apakah artinya konsumen bebek Suzuki lebih memprioritaskan kualitas ketimbang harga? Saya kok merasa begitu yah? (edo rusyanto)

0 komentar:

Posting Komentar